Welcom To My Blog

terjemahan

Minggu, 22 Juli 2012

Cara Mencari Informasi Dengan Mudah Menggunakan Google


Google, search engine yang begitu populer di kalangan surfer untuk mencari informasi yang mereka inginkan. Tak jarang juga seorang hacker atau attacker (sebutan lain untuk hacker) menggunakan google untuk mencari "sesuatu".
Dibawah ini akan disebutkan beberapa keyword untuk memudahkan mencari suatu informasi.

  • Or

Penggunaan kata or ini berfungsi untuk menampilkan salah satu keyword yang dituliskan. Misal laptop or notebook, maka hasil pencarian akan akan menampilkan pencarian yang mengandung laptop atau notebook.

  • +

Penggunaan stirng + berfungsi untuk menampilkan pencarian yang mengandung semua kata yang dimasukkan. Misal, dalam pencarian biasa kita menuliskan immortal art, maka kata art akan diabaikan. Namun dengan menambahkan +, maka kata art akan diikutsertakan dalam pencarian.


  • -

Kebalikan dari +, berfungsi sebagai pengecualian. Misal, kendaraan - motor maka dalam hasil pencarian kata motor tidak diikut sertakan.

  • *

Penambahan tanda tersebut dapat merubah susunan kata yang kita masukkan menjadi susunan kata yang baru. Misal, belajar * hacker maka hasil pencarian tersebut dapat berfariasi, misal belajar menjadi hacker, atau belajar dari hacker dan lain sebagainya.

  • ?

Berguna untuk mencari sebuah direktori. sebagai contoh anda mencari sebuah direktori yang mengandung file gambar dalam sebuah situs. Maka anda dapat menggunakan kata kunci ?intitle:index.of? jpg site.id Dengan demikian akan muncul hasil direktori yang berisikan file gambar pada suatu wesite yang berakhiran .id.

  • intitle:

Berguna untuk mencari judul atau title dari suatu dokumen website. Misal intitle:indonesia.

  • allinurl:

Pencarian data dalam syntak URL tertentu. misal allinurl:index.jsp, maka hasil pencarian akan menampilkan hasil pencarian yang mengandung kata-kata index.jsp di semua URL.

  • filetype:

Dengan kata kunci tersebut, anda bisa mencari dokumen ataupun file sesuai dengan type yang diinginkan. Misal PDF, TXT, DOC, XLS, PHP, HTML, dan lain sebagainya.Contoh penggunaannya filetype:PDF "hacking windows".

  • cache:

Hasil pencarian dengan menggunakan kata kunci tersebut menampilkan versi sebuah webpage pada saat membukanya. Dimana mesin pencari akan mengambil snapshot dari semua halaman yang telah terindeks. Syntax tersebu dapat membantu melihat halaman-halaman yang telah di cache. misal cache:www.pletaks.blogspot.com

  • site:

Syntax tersebut berfungsi mencari isi dari suatu web tertentu, mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan situs tersebut. Sebagai contoh, site:google.com maka hasil pencarian akan menampilkan semua yang tersimpan pada situs google.com

  • link:

Syntax tersebut berfungsi untuk mengetauhui berapa link yang ada pada suatu situs tertentu. misal, bila anda ingin mengetahui banyaknya link dari yahoo.com, maka anda dapat menggunakan keyword link:yahoo.com

  • related:

Syntax tersebut berfungsi untuk mencari halaman yang memiliki kesamaan atau kemiripan isi pada URL tertentu. Misalnya anda ingin mengetahui kesamaan isi yahoo.com, maka anda bisa menggunakan keyword related:yahoo.com

  • define:

Berfungsi untuk mencari suatu definisi suatu kata maupun suatu frasa tertentu. Misalnya anda ingin mengetahui definisi dari kata hacker, maka anda dapat menggunakan keyword define:hacker dan hasilnya berapan definisi tentang hacker.

Begitulah beberapa keyword yang dapat membantu anda untuk mempermudah pencarian informasi dengan menggunakan search engine Google. dengan beberapa pemahaman, hanya dengan menggunakan bantuan search engine, anda pun bisa menumbangkan sebuah web ternama. namun itu semua tergantung kepada anda. karena, semua ilmu yang ada di dunia ini hanya untuk manusia, tinggal digunakan untuk hal yang baik, atau buruk.... "inna a'malu binniyat"...

1 komentar: